Menteri PUPR Perkirakan Renovasi Empat Stadion Piala Dunia U-17 2023 Tak Lebih dari Rp 100 Miliar

Tak Berkategori127 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memperkirakan renovasi empat stadion untuk venue Piala Dunia U-17 tidak akan menghabiskan dana lebih dari Rp 100 miliar.

Adapun empat stadion yang disepakati FIFA untuk digunakan dalam pertandingan olah raga tersebut, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat (SJH) Bandung, Manahan Solo, dan Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

“Itu nggak terlalu besar (anggarannya),” kata Basuki dalam konferensi pers di Gedung Kementerian PUPR pada Rabu, 9 Agustus 2023. “Kami kan punya sisa-sisa tender tahun ini.”

Dari keempat stadion hanya tersisa JIS yang masih membutuhkan beberapa pekerjaan lebih lanjut. Mulai dari pitch stitching atau penjahitan rumput hingga pembangunan akses jalan menuju stadion. Sedangkan tiga stadion lainnya, hanya butuh perbaikan kecil.

“Jalak Harupat dan Manahan Solo sudah selesai pitch stitching. Gelora Bung Tomo sudah oke, hanya lapangan parkir perlu diaspal lagi,” untuk Basuki.

Untuk renovasi JIS, kata Basuki, Kementerian PUPR berbagi tugas dengan Pemprov DKI. Nantinya, Pemprov DKI melalui Jakpro yang menggarap renovasi di dalam stadion, sedangkan Kementerian PUPR menggarap di area luar. Adapun rencananya, Kementerian PUPR bakal membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) yang menghubungkan JIS dengan Ancol.

Lebih lanjut, selain empat stadion untuk venue, Basuki mengatakan kementeriannya juga menyiapkan lapangan tambahan untuk latihan. Di antaranya Lapangan  Soemantri Brodjonegoro dan Lapangan Banteng di Jakarta, Lapangan Arcamanik dan ITB di Bandung, serta Lapangan Blulukan dan UNS di Solo. Menurutnya, tempat latihan itu hanya perlu sedikit perbaikan. 

Adapun, Piala Dunia U-17 bakal digelar di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023. FIFA pun telah melakukan inspeksi ke empat stadion tersebut dan akan kembali datang ke Indonesia pada 26 Agustus dalam rangka memastikan semua kesepakatan dengan PSSI sudah diselesaikan.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan pembukaan Piala Dunia U-17 bakal digelar di JIS. Sedangkan penutupnya bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo. 

Namun Erick tak mendetailkan bagaimana konsep pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di JIS pada November mendatang. Dia hanya berujar, pembukaan pertandingan ini tak sebesar perhelatan World Cup. “Jangan terus terkonotasi seperti World Cup kejuaraan dunia ya. Jadi, ini tidak sebesar itu,” ucap Menteri BUMN ini. 

RIRI RAHAYU | DESTY LUTFHIANI

Pilihan Editor: Persiapan Jelang Piala Dunia U-17, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono: Tiga Stadion Sudah Oke

 

 

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *