Mengapa Seseorang Menguap saat Mengantuk?

Tak Berkategori

Losergeek.org, JakartaMenguap merupakan gerakan tak sadar di mana mulut terbuka dan rahang bawah melebar sepenuhnya. Gerakan tak sadar itu biasanya terjadi pada saat mengantuk.

Penelitian menunjukkan menguap dapat membantu Anda merasa lebih terjaga. Detak jantung Anda akan meningkat saat menguap mencapai puncaknya. Peningkatan ini dapat berlanjut selama beberapa detik setelah Anda selesai menguap.

Dilansir dari Healthline, ada banyak teori mengapa orang menguap. Salah satu teori populer adalah bahwa menguap membantu tubuh Anda membawa lebih banyak oksigen. Tetapi teori ini sebagian besar telah dibantah.

Teori yang paling didukung secara ilmiah mengapa kita menguap adalah pengaturan suhu otak. Sebuah studi pada 2014 yang terbit di jurnal Fisiologi dan Perilaku mengamati kebiasaan menguap dari 120 orang.

Hasi studi tersebut menemukan bahwa menguap lebih jarang terjadi selama musim dingin. Jika suhu otak terlalu jauh di luar normal, menghirup udara dapat membantu mendinginkannya.

Lalu, mengapa seseorang menguap saat mengantuk? 

Dikutip dari Sleep Foundation, satu teori berpendapat bahwa menguap dapat membantu otak tetap terjaga selama aktivitas yang membosankan atau pasif.

Iklan

Tindakan menguap memaksa otot-otot di wajah dan leher untuk bergerak. Para peneliti percaya bahwa gerakan ini dapat merangsang arteri karotis, yang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan pelepasan hormon pemicu bangun.

Para ahli berteori bahwa menguap juga dapat secara langsung mempengaruhi aktivitas otak dengan mendorong pergerakan cairan otak menjauh dari jaringan istirahat ke keadaan yang lebih aktif.

Para peneliti menduga bahwa respon fisiologis saat menguap memiliki efek yang sama seperti kafein, yaitu meningkatkan kesadaran.

Menguap juga dapat terjadi ketika melakukan aktivitas tertentu. Misalnya, orang lebih cenderung menguap saat melakukan aktivitas yang lebih pasif, seperti mengemudi, menonton televisi, atau mendengarkan ceramah. Namun, ketika melakukan sesuatu yang lebih aktif, seperti memasak atau berbicara, mereka cenderung tidak menguap.

Pilihan Editor: Apa Penyebab Menguap Berlebihan?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *