Hunter Biden Diduga Berusaha Hapus Jejak Digitalnya

Tak Berkategori

Losergeek.org, Jakarta – Putra Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Hunter Biden, diduga membayar perusahaan konsultasi papan atas pada 2014 agar namanya tidak muncul di Wikipedia. Kabar ini muncul dari sejumlah email yang diperoleh wartawan bernama Lee Fang, yang diduga sumbernya dari laptop Biden.

Surat – surat elektronik itu memperlihatkan kalau Hunter telah melakukan kontak sejumlah kantor humas dan melobi perusahaan raksasa konsultasi FTI Consulting agar membuat sejumlah perubahan pada halaman (Wikipedianya), memberikan daftar hal yang harus diedit dan meminta kepada Ryan Toohey staf yang ada di FTI agar dikenalkan ke Eric Schwerin, yakni mitra biden dari perusahaan Rosemont Seneca.

Perubahan yang diminta oleh Biden itu di antaranya menghapus hubungan dengan pemodal yang telah dipermalukan Allen Stanfor, di mana perusahaannya yang bernama Stanford Financial Group memiliki sebuah usaha patungan (joint venture) dengan perusahaan keuangan milik keluarga Biden, yakni Paradigm Global Advisors. Hunter diketahui duduk sebagai CEO di Paradigm Global Advisors dengan bantuan dari pamannya James Biden selama lima tahun. Adapun Stanfor sekarang ini sedang menjalani hukuman penjara selama 110 tahun karena telah menjalankan skema ponzi bernilai USD 7 miliar (Rp 107 triliun).

Perubahan lain yang diminta Hunter adalah menghapuskan referensi CIA terkait karya Hunter dengan lembaga milik CIA, National Endowment for Democracy dan menghapus tulisannya yang mengkritik perusahaan BUMN milik Ukraina bidang energi, Burisma. Toohey mengkonfirmasi dalam sepucuk email yang dilayangkan ke Hunter dan Schwerin kalua keinginan untuk menghapus jejak digital itu sudah dilakukan pihaknya dan meyakinkan akan terus memantau jika ada sejumlah perubahan.

Sebulan setelah FTI diminta untuk memoles image Hunter, semua artikel yang menyebut hubungan Hunter dengan Stanfor telah dihapus dari referensi oleh editor AmeliaChevalier.

  

Iklan

Sebelumnya pada Juli 2023, Hunter mengaku tidak bersalah atas tuduhan gagal membayar lebih dari US$ 100 ribu atau Rp 1,52 miliar pajak terutang atas pendapatan lebih dari US$ 1,5 juta pada 2017 dan 2018. Dia tidak mengajukan pembelaan dalam kasus terpisah di mana dia dituduh memiliki senjata api secara tidak sah ketika menggunakan obat-obatan terlarang, yang merupakan kejahatan di Amerika Serikat.  

Sumber: RT.com

Pilihan Editor: Joe Biden Ucapkan Selamat HUT RI ke-78

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *