Anak Autis Sebenarnya Punya Bakat Luar Biasa, Psikolog Ungkap Cara Menggalinya

Tak Berkategori

Senin, 14 Agustus 2023 – 22:41 WIB

JAKARTA – Tak sedikit orang yang memandang anak dengan autisme sebagai suatu kekurangan. Bahkan, ada pula yang menganggap anak dengan spektrum autisme sebagai gangguan atau penyakit. 

Baca Juga :

Anak Pembunuh Ibu Kandung di Depok Terancam Hukuman Mati

Namun untungnya, semakin berkembangnya zaman, pandangan tersebut perlahan mulai beralih ke arah yang lebih positif. Psikolog klinis anak, Fransisca Febriani Sidjaja, Ph.D., mengungkapkan, kini autis tak lagi dianggap sebagai gangguan atau penyakit, namun mereka memiliki otak yang unik. Yuk, scroll untuk info lengkapnya, moms!

“Dari zaman dulu banget autis itu seolah-olah gangguan, kaya penyakit. Tapi sebenernya, pandangan yang makin ke sini, kalo (cari) Google ada neurodiversity,” ujarnya saat peluncuran klinik kesehatan mental Jakarta Children’s Growth Center (JCGC) dan Jakarta Adult Psychology Center (JAPC), yang digelar Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) di kawasan Jakarta Barat, Senin 14 Agustus 2023. 

Baca Juga :

Working Mom Juga Tetap Bisa Kasih ASI Eksklusif, Begini Triknya

“Sebenarnya anak-anak autis, mereka bukan punya gangguan tapi mereka unik dalam hal memroses informasi, jadi dilihatnya otaknya unik. Jadi semakin ke sini sudah tidak lagi dilihat sebagai gangguan,” tambahnya. 

Baca Juga :

Jejak Sejarah Gerakan Pramuka: Membangun Kepribadian Unggul dan Cinta Tanah Air

Fransisca menyarankan, bagi yang memiliki anak autis, orangtua yang berada di lingkungan anak, harus menyediakan ekosistem yang optimal bagi buah hatinya tersebut.

“Misalnya, anak autisnya gak tahan suara keras, sedangkan dia sekolah di sekolah umum. Nah, izinkanlah anak itu pake headset, supaya dia bisa meregulasi dirinya ketika dia gak tahan denger suara-suara yang kenceng,” paparnya. 

Halaman Selanjutnya

Anak autis sendiri sebenarnya memiliki bakat dan potensi yang luar biasa, asal orangtua telaten dan memberikan pola asuh yang tepat. Lalu, bagaimana cara menggali bakat pada anak autis?

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *