Singapura Hingga Thailand Mulai Puasa Ramadan Selasa Esok

Senin, 11 Maret 2024 – 14:17 WIB

Singapura – Umat Islam di Singapura, Indonesia, dan Thailand akan mulai berpuasa pada Selasa, 12 Maret 2024.

Baca Juga :

Airlangga Hartarto Ingatkan Esensi Ramadhan adalah Menjadi Orang Bertakwa

Mufti Singapura, Dr Nazirudin Mohd Nasir, dalam klip video yang diunggah ke laman media Dewan Agama Islam Singapura (MUIS) hari ini, mengatakan bahwa Ramadan tahun ini jatuh pada hari Senin.

“Menurut perhitungan, bulan sabit Ramadan tidak dapat terlihat di cakrawala Singapura saat matahari terbenam malam ini, karena terlalu kecil dan tidak memenuhi kriteria imkanur rukyah yang telah disepakati oleh negara-negara anggota MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura),” ujarnya, dikutip dari The Sundaily.

Baca Juga :

Yuni Shara Jalani Ramadhan Sendiri Tanpa Anak-anak, Ini Alasannya

Maka dari itu, ia menyebut hari Senin, 11 Maret ini masih tanggal 30 Sya’ban. “Artinya, besok adalah tanggal 30 bulan Syaban. Oleh karena itu, dengan senang hati saya nyatakan, bahwa awal Ramadhan jatuh pada lusa, Selasa, tanggal 12 Maret,” ujarnya.

Menyambut bulan Ramadan, ia mengajak seluruh umat Islam untuk menunaikan kewajiban berpuasa dan beribadah dengan penuh penghayatan dan kebaikan.

Baca Juga :

MUI Bali: Umat Islam Hendak Salat Tarawih saat Nyepi Koordinasi dengan Pecalang

Sementara Menteri Agama RI, Yagut Cholil Qoumas usai Rapat Isbat (penentuan tanggal Ramadan) yang melibatkan Departemen Rukyah dan Akuntansi Kementerian Agama, serta dihadiri beberapa duta besar dan ormas Islam setempat, mengumumkan hal yang sama bahwa hari pertama Ramadan jatuh pada 12 Maret 2024.

Pertemuan tersebut juga melibatkan Badan Riset dan Inovasi Nasional serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Di Bangkok, Ketua Sheikhul Islam Arun Boonchom mengatakan umat Islam di Thailand akan mulai berpuasa pada 12 Maret, setelah tidak ada bulan yang terlihat selama pengamatan di beberapa lokasi provinsi selatan, setelah matahari terbenam hari ini.

Baca Juga  Palangka Raya Harum di Mata Dunia Lewat UCI MTB World Championship 2023

“Oleh karena itu, tanggal dimulainya puasa akan dimulai pada Selasa, 12 Maret, katanya.

Pengumuman tersebut juga disampaikan di stasiun televisi dan radio.

Halaman Selanjutnya

Source : vstory



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *