Rayap Hancurkan Masjid Bole yang Berumur 200 Tahun di Ghana

Selasa, 26 September 2023 – 13:02 WIB

Ghana – Sebuah masjid bersejarah di Bole, sebuah kota di barat laut Ghana, sebagian runtuh akibat hujan lebat. Atap lumpur Masjid Bole runtuh setelah bertahun-tahun diabaikan dan diserbu rayap.

Baca Juga :

Pemimpin Chechnya Bangga Anaknya Hajar Pria yang Bakar Al Quran

Pejabat museum di Ghana mengatakan serangan rayap melemahkan kasau kayu yang menahan bangunan tersebut, dan menyebabkan bangunan tersebut roboh setelah hujan deras.

Sebagian besar terbuat dari lumpur, situs keagamaan ini dibangun antara akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Baca Juga :

5 Wilayah di India yang Paling Anti-Muslim

Masjid Bole di Ghana Runtuh

Dilansir dari BBC Internasional, Selasa, 26 September 2023, para pejabat mengatakan masjid yang rusak dapat diperbaiki dengan bantuan masyarakat setempat, yang paham dengan arsitektur dan pembangunannya.

Baca Juga :

Kasus Anak Tewas Tertimpa Tembok saat Wudu, Polisi Upayakan Jalan Damai

Otoritas museum Ghana telah menyarankan warga untuk tidak menghancurkan sisa-sisa masjid untuk membangun yang baru.

Selain kelalaian dan rayap, runtuhnya masjid juga disebabkan oleh penggunaan material modern seperti semen selama perbaikan dan pemeliharaan.

Sebagai informasi, Masjid Bole memiliki desain arsitektur yang khas, mirip dengan Masjid Larabanga yang terkenal di Tamale.

Terdiri dari lumpur pada rangka tiang kayu. Tiang-tiang pendek yang menonjol dikuburkan ke dalam penopang, dan memberikan tampilan unik pada masjid ini.

Bangunan tersebut merupakan contoh pengaruh neo-Sudan, yang mengarah pada terbentuknya komunitas yang didominasi Islam di Ghana utara, khususnya di negara bagian Wala dan Gonja. Selain itu, ada juga masjid lumpur serupa di negara-negara tetangga di Afrika Barat, terutama Mali.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *