Mengungkap Sejarah dan Asal Usul Valentine

Selasa, 13 Februari 2024 – 14:08 WIB

Jakarta – Valentine’s Day, yang juga dikenal sebagai Hari Valentine, adalah sebuah perayaan yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 14 Februari.

Baca Juga :

Mengapa Hari Valentine Sangat Identik dengan Cokelat? Ini Faktanya

Namun, asal usulnya terkait dengan sejarah yang agak kabur dan terkait dengan berbagai tradisi dan legenda dari zaman kuno.

Beragam Boneka Valentine di Istana Boneka

Baca Juga :

Ucapan Selamat Hari Valentine untuk Orang Terkasih, Bikin Hubungan Makin Lengket

Satu teori yang populer adalah bahwa Valentine’s Day berakar dari perayaan pagan kuno yang dikenal sebagai Lupercalia, yang dirayakan oleh orang Romawi pada pertengahan Februari.

Lupercalia dipercaya berasal dari zaman Romawi kuno dan dihormati sebagai perayaan kesuburan dan kesehatan. Selama festival ini, para pemuda Romawi akan mengadakan undian di mana mereka akan memilih nama-nama gadis untuk menjadi pasangan mereka selama setahun.

Baca Juga :

Belajar dari Sekarang! 4 Posisi Bikin Merem Melek Buat Valentine Besok Dijamin Bikin Ketagihan

Beberapa cendekiawan percaya bahwa gereja Kristen kemudian mencoba menggantikan festival ini dengan merayakan Hari Valentine sebagai gantinya.

Ada beberapa kisah mengenai asal mula nama “Valentine” yang terkait dengan Santo Valentine, seorang martir Kristen yang dikatakan wafat pada abad ke-3 Masehi.

Salah satu legenda yang paling populer adalah tentang seorang imam Kristen bernama Valentinus yang menolong pasangan-pasangan muda untuk menikah secara rahasia meskipun perintah Kaisar Claudius II yang melarang pernikahan di kalangan tentara Romawi.

Ketika Valentinus tertangkap, ia dipenjarakan dan akhirnya dieksekusi pada tanggal 14 Februari. Sebelum eksekusinya, ia dikatakan mengirimkan surat cinta terakhir kepada gadis yang ia cintai dan menandatangani surat tersebut dengan “Dari Valentine mu”.

Baca Juga  Ini yang Kemenkominfo Lakukan jika Judi Online Muncul Lagi di X

Meskipun cerita-cerita ini memberikan beberapa wawasan tentang asal usul Valentine’s Day, kenyataannya masih banyak yang tidak diketahui.

Valentine’s Day, seperti yang kita kenal sekarang, telah menjadi perayaan global yang dipenuhi dengan tradisi-tradisi seperti memberikan kartu-kartu valentine, coklat, dan bunga kepada orang yang kita cintai.

Bagi beberapa orang, Hari Valentine mungkin adalah kesempatan untuk merayakan cinta dan hubungan mereka, sementara bagi yang lain, mungkin lebih merupakan kesempatan untuk mengenang dan menghormati tradisi-tradisi sejarah yang melatarbelakangi perayaan ini.

Halaman Selanjutnya

Ada beberapa kisah mengenai asal mula nama “Valentine” yang terkait dengan Santo Valentine, seorang martir Kristen yang dikatakan wafat pada abad ke-3 Masehi.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *