KUA untuk Nikah Semua Agama, Menag Yaqut Optimis Dapat Dukungan Banyak Orang

Senin, 26 Februari 2024 – 17:40 WIB

VIVA –  Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, optimis bahwa usulan untuk menjadikan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai tempat pernikahan semua agama akan mendapatkan dukungan dari banyak orang karena dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi umat beragama, dilansir dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Baca Juga :

Bamsoet Minta Kemenag Optimalkan Rencana KUA Catat Nikah Semua Agama

“Saya optimistis lah kalau untuk kebaikan seluruh warga bangsa, kebaikan seluruh umat beragama, mau merevisi undang-undang atau apa pun, orang pasti memberikan dukungan. Usulan ini kan untuk memberikan kemudahan bagi seluruh umat beragama,” ujar Menag Yaqut usai menghadiri rapat kabinet di Istana Negara, Jakarta pada Senin 26 Februari 2024.

KUA untuk Nikah Semua Agama, Menag Yaqut Optimis Dapat Dukungan Banyak Orang

Photo :

  • Menag Yaqut Cholilqoumas (foto : Oji)

Baca Juga :

Wacanakan KUA Jadi Tempat Nikah Semua Agama, Gus Yaqut Ungkap Alasannya

Sebelumnya, sudah diajukan ide sebelumnya untuk menjadikan KUA sebagai tempat pernikahan seluruh umat agama sempat dikatakan Menang saat membuka Rakernas Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam di Jakarta.

“Kita ingin menjadikan KUA itu untuk dapat digunakan oleh saudara-saudara kita semua agama untuk melakukan proses pernikahan. Karena KUA ini adalah etalase Kementerian Agama,”ucap Menag.

Baca Juga :

Jumlah Jemaah Haji Lansia 2024 Besar, Stafsus Menag Dorong Petugas Agar Totalitas

“Kementerian Agama itu kan kementerian semua agama, jadi KUA diharapkan juga dapat memberikan pelayanan keagamaan kepada umat agama non-muslim,”

Agar ide tersebut dapat dilaksanakan, Gus Men, meminta jajarannya untuk mempelajari cara merealisasikan hal tersebut.

“Ini kan gagasan yang kita lontarkan untuk segera di follow up. Kemarin seluruh dirjen, mulai Dirjen Bimas Islam dan seluruh Dirjen Bimas non-Islam semua sudah ketemu. Mereka sudah mulai bicara bagaimana mekanismenya, regulasinya, semuanya dibicarakan,”ungkapnya.

Gus Men juga memastikan bahwa mereka akan melibatkan tokoh agama dan semua pihak yang terlibat dalam evaluasi usulan tersebut.

“Pasti akan melibatkan tokoh agama. Pasti kita libatkan seluruh stakeholder,”imbuhnya.

Halaman Selanjutnya

Agar ide tersebut dapat dilaksanakan, Gus Men, meminta jajarannya untuk mempelajari cara merealisasikan hal tersebut.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *