Kombes Ade Klaim Berkas Kasus Firli Bahuri Selesai Diperbaiki, Bakal Dikirim ke Jaksa Minggu Ini

Kamis, 22 Februari 2024 – 14:34 WIB

Jakarta – Polda Metro Jaya mengklaim telah melengkapi berkas kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri sesuai petunjuk jaksa. Seperti diketahui berkas kasus itu belum juga rampung dan dikembalikan lagi ke polisi.

Baca Juga :

Jaksa Tabrak Becak dan 2 Mobil di Surabaya Kabur karena Takut Amukan Massa

“Insya Allah (berkas perkara) sudah rampung semua,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak, Kamis 22 Februari 2024.

Untuk itu, mantan Kapolres Kota Solo ini mengaku kalau pihaknya bakal segera mengirimkan kembali berkas kasus tersebut ke jaksa agar nantinya bisa segera disidangkan. Meski begitu, dia tidak merinci persisnya berkas bakal dikembalikan ke jaksa.

Baca Juga :

Oknum Jaksa Kejari Tanjung Perak Surabaya Tabrak Becak, Kabur Lalu Seruduk 2 Mobil

Firli Bahuri Penuhi Panggilan Pemeriksaan Dewas KPK

“Insya Allah secepatnya akan kami limpahkan kembali ke JPU. nanti akan kita update perkembangannya. Insya Allah ditargetkan minggu ini,” kata dia.

Baca Juga :

Anggotanya Terlibat Dugaan Skandal Pungli Rutan KPK, Begini Kata Polri

Sebelumnya, Kejati DKI menyatakan berkas perkara mantan Ketua KPK Firli Bahuri dalam kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo alias SYL kembali dinyatakan tidak lengkap. Jaksa pun mengembalikan lagi berkas perkara Firli Bahuri ke Polda Metro Jaya.

“Bidang Pidsus Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah mengembalikan hasil penyidikan berkas perkara atas nama tersangka Firli Bahuri,” kata Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Syahron Hasibuan, Sabtu 3 Februari 2024.

Syahron menjelaskan berkas perkara itu dikembalikan pada Jumat 2 Februari 2024. Jaksa peneliti menilai masih ada kekurangan baik formil maupun materiil sesuai dengan Pasal 110 dan Pasal 138 (1) KUHAP.

Baca Juga  Bawaslu Persilakan DPR Gulirkan Hak Angket Terkait Pemilu

Ia juga mengatakan kalau jaksa turut berikan arahan kepada penyidik dalam rangka pelengkapan berkas perkara tersebut.

Berkas perkara kasus pemerasan dengan tersangka Firli Bahuri

Berkas perkara kasus pemerasan dengan tersangka Firli Bahuri

“Berkas tersebut dikembalikan kepada penyidik disertai petunjuk guna penyempurnaan hasil penyidikan,” kata Syahron.

Status Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil gelar perkara yang dilakukan Rabu, 22 November 2023 kemarin.

Beberapa alat bukti yang jadi dasar penetapan tersangka yakni dokumen penukaran valas senilai Rp7,4 miliar. Ada juga hasil ekstraksi 21 ponsel. Meski sudah berstatus tersangka, Firli Bahuri sejauh ini belum juga ditahan.

Halaman Selanjutnya

Syahron menjelaskan berkas perkara itu dikembalikan pada Jumat 2 Februari 2024. Jaksa peneliti menilai masih ada kekurangan baik formil maupun materiil sesuai dengan Pasal 110 dan Pasal 138 (1) KUHAP.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *