Jokowi Dorong Sinergi Himbara dan BPD untuk Perkuat Ekonomi UMKM di Kalimantan

Jumat, 1 Maret 2024 – 15:07 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu atau groundbreaking pertama pembangunan Bank Kaltimtara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Jumat, 1 Maret 2024. Hal ini menandai perkembangan terbaru dalam inisiatif klaster keuangan, yang mencakup Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI, yang juga telah bertransisi menuju perbankan digital.

Baca Juga :

Jokowi Cerita Soal Obama Heran BPJS Kesehatan di Indonesia Berjalan Baik

Karenanya, Jokowi pun mendorong kerja sama antara Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan Bank Kaltimtara, untuk bersinergi dalam memberikan layanan keuangan.

“Terutama untuk mendukung UMKM dan pembangunan di daerah, dengan harapan untuk memperkuat ekonomi Kalimantan. Sehingga, nantinya kita harapkan ekonomi di Pulau Kalimantan juga akan menjadi makin baik,” kata Jokowi.

Baca Juga :

Lengkapi Layanan Kesehatan di IKN, Jokowi: Gedung BPJS Kesehatan Senilai Rp1 Triliun

Menurut Jokowi, pembangunan Bank Kaltimtara bukan hanya merupakan langkah penting dalam memajukan sektor keuangan di Kalimantan, tetapi juga bagian dari visi yang lebih luas untuk transformasi ekonomi Indonesia.

“Memang kita konsepkan bahwa di sini adalah akan menjadi ekonomi baru, akan menjadi transformasi ekonomi Indonesia sehingga semuanya memang harus masuk ke digital banking,” ujarnya.

Baca Juga :

Jokowi Cek Progres 74 Persen Kantor Presiden di IKN, PUPR: Rampung Bulan Juni!

Jokowi berharap, Bank Kaltimtara sebagai bank dengan modal terbesar di antara bank-bank pembangunan daerah (BPD) lainnya di Tanah Air, juga bisa membentuk konsorsium dengan BPD lain di Kalimantan. Serta, berfungsi sebagai koordinator untuk meningkatkan kekuatan modal dan daya saing.

Mengacu pada kinerja ekonomi Indonesia yang impresif di tahun 2023, dengan pertumbuhan 5,05 persen dan inflasi yang terkontrol di angka 2,5 persen, Jokowi mengungkapkan optimisme terhadap prospek ekonomi daerah dengan pembukaan sejumlah infrastruktur baru.

Baca Juga  Surya Paloh ke Mentan Syahrul Yasin Limpo: Ada Masalah, Jangan Lari

Hal ini termasuk penyelesaian jalan tol dari Balikpapan ke IKN, yang akan mempersingkat waktu perjalanan menjadi sekitar 40-45 menit. Lalu, ada pula pembangunan bandara baru yang akan memberikan lebih banyak pilihan transportasi ke IKN, serta meningkatkan minat investasi.

“Saya rasa kalau airport barunya selesai, kemudian tolnya selesai, investasi di Ibu Kota Nusantara ini akan makin baik, berkembang, dan meningkat,” ujarnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono. Hadir juga Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, Kepala OIKN Bambang Susantono, Ketua Wantimpres Wiranto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.

Halaman Selanjutnya

Hal ini termasuk penyelesaian jalan tol dari Balikpapan ke IKN, yang akan mempersingkat waktu perjalanan menjadi sekitar 40-45 menit. Lalu, ada pula pembangunan bandara baru yang akan memberikan lebih banyak pilihan transportasi ke IKN, serta meningkatkan minat investasi.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *