Harga Daging Sapi Tembus Rp 180 Ribu Per Kg Jelang Ramadhan

Sabtu, 9 Maret 2024 – 19:58 WIB

Aceh – Harga jual daging ternak sapi dan daging kerbau segar jelang Ramadhan.Kenaikannya bahkan di Kabupaten Aceh berkisar antara Rp160 ribu hingga Rp180 ribu per kilogram.

Baca Juga :

Jelang Ramadhan-Lebaran Mentan Minta Masyarakat Tak Khawatir soal Pasokan Beras

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Barat, Fauzi mengungkapkan, pada hari biasanya harga jual daging sapi dan kerbau di darah tersebut ada di kisaran harga Rp140 ribu per kilogram.

“Ada kenaikan sekitar Rp20 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram daging segar,” kata Fauzi di Meulaboh, dikutip Sabtu, 9 Maret 2024.

Baca Juga :

Dr. Syahganda Nainggolan: Marhaban Ya Ramadhan

Dia mengungkapkan, kenaikan harga jual daging sapi dan kerbau segar tersebut terjadi karena banyaknya permintaan daging segar dari masyarakat, khususnya saat tradisi Meugang di Aceh.

Pedagang daging sapi di Pasar.

Baca Juga :

Beda dengan Heru, Dishub DKI Pastikan CFD Sudirman-Thamrin Tetap Ada saat Ramadhan

Sebagai informasi, tradisi Meugang di Provinsi Aceh merupakan tradisi pembelian daging segar yang telah berlangsung lama, dan hanya dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun. Tradisi ini menyembelih dan membeli daging segar berlangsung pada menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, menjelang Hari Raya Idul Fitri, serta menjelang Hari Raya Idul Adha.

Fauzi menjelaskan, baiknya harga jual daging segar di Aceh termasuk di Kabupaten Aceh Barat, hanya bersifat sementara karena dipengaruhi oleh naiknya permintaan konsumen. Pemerintah daerah memperkirakan harga jual daging sapi dan kerbau segar akan kembali normal, setelah tradisi Meugang di Aceh berlalu.

Harga daging sapi naik usai munculnya isu PMK di Tangerang.

Harga daging sapi naik usai munculnya isu PMK di Tangerang.

Fauzi mengatakan meski di pasar tersedia pilihan daging beku, berdasarkan pemantauan di pasar permintaan terhadap daging beku di Aceh Barat sangat rendah.“Bisa dibilang tidak ada permintaan daging beku, karena masyarakat Aceh suka daging segar,” katanya.

Baca Juga  Koalisi Masyarakat Sipil Minta Komnas HAM Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM Berat

Fauzi mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan terus melakukan pemantauan harga daging segar di tradisi Meugang Aceh, yang berlangsung sejak Sabtu hingga Ahad (8-9/3) mendatang. (Ant)

Halaman Selanjutnya

Source : VIVA/sherly

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *