Cara Agar Sepeda Motor Lama Lulus Uji Emisi

Kamis, 2 November 2023 – 13:36 WIB

Jakarta, 2 November 2023 – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memberlakukan kembali uji emisi kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor, sejak Rabu 1 November kemarin.

Baca Juga :

Polisi Bantah Uji Emisi Jadi Syarat Perpanjang STNK Kendaraan

Kendaraan yang berusia di atas 3 tahun wajib mengikuti uji emisi dan dinyatakan lulus untuk dapat melintas di jalan ibu kota.

Bagi pemilik motor lama, tentu ada kekhawatiran untuk lulus uji emisi. Alasannya, motor lama cenderung memiliki emisi gas buang yang lebih tinggi dibandingkan motor baru.

Baca Juga :

Tuai Banyak Komplain, Polisi Batalkan Tilang Uji Emisi di Jakarta

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi mesin yang sudah tidak prima, komponen yang aus, atau penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai.

Baca Juga :

Top Trending: Kendaraan Usia 3 Tahun Bakal Dirazia di Jakarta, DPR Kompak Dukung Palestina

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang motor lama lulus uji emisi. Berikut beberapa tipsnya, dirangkum VIVA Otomotif dari berbagai sumber:

Lakukan servis rutin
Servis rutin merupakan hal yang penting untuk menjaga performa motor, termasuk emisi gas buang. Pastikan untuk melakukan servis rutin sesuai dengan jadwal yang disarankan oleh pabrikan.

Pada saat servis, pastikan komponen-komponen mesin yang berkaitan dengan emisi gas buang diperiksa dan diganti jika perlu. Komponen-komponen tersebut antara lain filter udara, busi, dan koil.

Gunakan bahan bakar yang sesuai
Bahan bakar yang tidak sesuai dapat menyebabkan emisi gas buang menjadi lebih tinggi. Pastikan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan spesifikasi mesin motor Anda. Oktan yang terlalu rendah dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras, sehingga menghasilkan lebih banyak emisi gas buang.

Baca Juga  Sinopsis Saw X, Kisah Balas Dendam Jigsaw yang Mengerikan

Hindari penggunaan knalpot aftermarket
Knalpot aftermarket yang tidak dilengkapi penyaring memadai dapat menyebabkan emisi gas buang menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan knalpot jenis tersebut.

Perhatikan kondisi mesin
Perhatikan kondisi mesin secara berkala. Jika ada tanda-tanda kerusakan, segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki. Kerusakan pada mesin, seperti piston yang aus, dapat menyebabkan emisi gas buang menjadi lebih tinggi.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, peluang motor lama Anda lulus uji emisi akan semakin besar. Selain itu, Anda juga dapat membantu mengurangi polusi udara di lingkungan sekitar.

Halaman Selanjutnya

Pada saat servis, pastikan komponen-komponen mesin yang berkaitan dengan emisi gas buang diperiksa dan diganti jika perlu. Komponen-komponen tersebut antara lain filter udara, busi, dan koil.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *