AS-Inggris Tak Boleh, Ini Kapal Negara-negara yang Diizinkan Houthi Yaman Untuk Lewati Laut Merah

Minggu, 21 Januari 2024 – 06:06 WIB

VIVA Dunia – Seorang pejabat senior kelompok bersenjata Houthi mengatakan bahwa kapal-kapal dari China dan Rusia diperbolehkan dan dipastikan akan memiliki jalur yang aman ketika melewati Laut Merah. 

Baca Juga :

Houthi Yaman Jamin Tak Bakal Serang Kapal China dan Rusia di Laut Merah

Mohammed al-Bukhaiti, seorang anggota kepemimpinan politik Houthi, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan outlet Rusia Izvestia, bahwa jalur pelayaran di sekitar Yaman aman untuk kapal-kapal dari China dan Rusia, selama kapal-kapal tersebut tidak terhubung dengan Israel.

“Sedangkan untuk semua negara lain, termasuk Rusia dan China, pengiriman mereka di kawasan ini tidak terancam,” kata al-Bukhaiti menegaskan. 

Baca Juga :

Top Trending: Panglima Adat Berseteru dengan Habib Bahar, Penampilan Azizah Salsha Terlalu Terbuka

Pejuang Houthi melakukan unjuk rasa menentang serangan AS dan Inggris.

“Selain itu, kami siap memastikan keselamatan perjalanan kapal mereka di Laut Merah, karena navigasi bebas memainkan peran penting bagi negara kami,” lanjutnya, melansir Agence France-Presse, Sabtu, 20 Januari 2024.

Baca Juga :

Prabowo Tegaskan Indonesia Harus Mandiri: Jangan Kira Bangsa Lain Sayang sama Kita

Kelompok Houthi mengatakan mereka bertindak sebagai solidaritas terhadap Palestina di tengah perang Israel melawan Hamas di Gaza dan telah melakukan lebih dari 30 serangan di Laut Merah. 

Namun, Houthi telah melancarkan serangan terhadap kapal-kapal yang tidak memiliki hubungan jelas atau yang dicurigai Houthi bekerja sama dengan Israel, sehingga beberapa perusahaan pelayaran menghindari jalur pelayaran di mana Houthi melancarkan serangan mereka. 

Perusahaan pelayaran besar telah menanggapi hal ini dengan mengubah rute kapal ke rute yang lebih panjang dan lebih mahal di sekitar Afrika. 

Baca Juga  Spanduk Prabowo-Gibran Bertebaran, MK Pekan Ini Putuskan soal Batas Usia Capres-Cawapres

Rute Laut Merah merupakan jalur pelayaran penting antara Eropa dan Asia, yang membawa sekitar 15% lalu lintas maritim dunia. 

Rusia dan China, sejak perang Hamas-Israel di Gaza pecah menentang Israel dan berkata bahwa aksi di bawah pemerintahan Benjamin Netanyahu termasuk keji. 

Presiden Rusia, Vladimir Putin adalah salah satu presiden negara kuat yang menentang Israel atas serangan tersebut.

VIVA Militer: Milisi Houthi membajal kapal kargo Galaxy Leader

VIVA Militer: Milisi Houthi membajal kapal kargo Galaxy Leader

Seperti diketahui, Houthi, sejak beberapa pekan lalu, melakukan serangan kepada kapal-kapal Amerika Serikat dan Inggris dan kepada kapal yang berafiliasi dengan Israel yang melawati area Laut Merah.

Karena hal itu, AS-Inggris dan sekutunya kembali menyerang Houthi dan mengatakan bahwa mereka tidak takut.

Halaman Selanjutnya

Perusahaan pelayaran besar telah menanggapi hal ini dengan mengubah rute kapal ke rute yang lebih panjang dan lebih mahal di sekitar Afrika. 

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *