5 Ilmu Parenting yang Wajib Dimiliki Ibu Supaya Anak Tidak Nakal

Jumat, 29 September 2023 – 15:38 WIB

VIVA Lifestyle – Pendidikan anak adalah salah satu tugas terpenting dalam kehidupan seorang orang tua. Anak-anak adalah generasi masa depan, dan mereka akan membentuk dunia yang akan datang, sehingga akan sangat memengaruhi masa depan mereka. 

Baca Juga :

Kasus ISPA Meningkat Drastis, Lebih dari 10 Ribu Warga Palembang Terpapar

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memiliki ilmu parenting yang memadai agar dapat membimbing anak-anak mereka menuju perilaku yang baik dan mencegah perilaku nakal. Berikut adalah lima ilmu parenting yang wajib dimiliki supaya anak tidak nakal.

1. Komunikasi yang Efektif

Baca Juga :

Ibu Bocah Korban Pelecehan Seksual di Depok Pingsan saat Jenazah Anaknya Dimakamkan

Salah satu kunci utama dalam parenting yang sukses adalah komunikasi yang efektif. Orang tua harus memahami bahwa anak-anak seringkali tidak memiliki kemampuan untuk mengungkapkan perasaan dan kekhawatiran mereka dengan jelas. 

Baca Juga :

Spill Anak Ketiga, Raffi Ahmad: Kayaknya Hamilnya Beberapa Bulan Lagi

Oleh karena itu, orang tua perlu mendengarkan dengan sabar, menanyakan pertanyaan, dan memberikan dukungan emosional. Dengan berkomunikasi dengan baik, anak-anak akan merasa lebih nyaman berbicara tentang apa yang mereka rasakan, sehingga mengurangi risiko perilaku nakal sebagai bentuk ekspresi ketidaknyamanan.

2. Memberikan Contoh yang Baik

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka, terutama orang tua. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan contoh yang baik dengan perilaku dan nilai-nilai yang positif. 

Ketika orang tua menunjukkan integritas, empati, dan tanggung jawab, anak-anak akan lebih cenderung mengikuti contoh ini dalam hidup mereka. Sebaliknya, perilaku negatif atau kontradiktif dapat memengaruhi anak-anak untuk mengadopsi perilaku nakal.

Baca Juga  Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

3. Batas dan Konsistensi

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Menetapkan batas yang jelas dan konsisten adalah bagian penting dari parenting yang efektif. Anak-anak perlu tahu apa yang diharapkan dari mereka dan apa konsekuensinya jika mereka melanggar aturan. 

Namun, batasan haruslah adil dan sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Selain itu, konsistensi dalam menegakkan aturan adalah kunci. Ketidakkonsistenan dapat menyebabkan kebingungan dan memicu perilaku nakal karena anak-anak tidak tahu apa yang diharapkan dari mereka.

4. Empati dan Pengertian

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/anak bermain.

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/anak bermain.

Orang tua harus memahami bahwa anak-anak adalah individu dengan perasaan dan kebutuhan mereka sendiri. Mempertimbangkan perspektif mereka, merasakan empati, dan mencoba memahami dunia mereka adalah langkah penting dalam menghindari perilaku nakal. 

Ketika anak merasa didengar dan dipahami, mereka cenderung lebih kooperatif dan kurang mungkin melampiaskan frustrasi melalui perilaku yang merugikan.

5. Pujian dan Dorongan Positif

Memberikan pujian dan dorongan positif kepada anak adalah cara yang efektif untuk memperkuat perilaku yang diinginkan. Ketika anak-anak mendapatkan pengakuan atas prestasi dan usaha mereka, mereka merasa dihargai dan termotivasi untuk terus melakukan yang baik.

Ini juga membantu membangun rasa percaya diri mereka, yang pada gilirannya dapat mengurangi kemungkinan mereka terlibat dalam perilaku nakal untuk mendapatkan perhatian negatif.

Halaman Selanjutnya

Source : Dokumentasi Blueband

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *